Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Homecare Di Wilayah Kerja Puskesmas Seberang Padang
Abstract
Home care merupakan suatu pelayanan menyeluruh bagi individu dan keluarga di rumah yang bertujuan untuk meminimalisir dampak penyakit dan meningkatkan kemandirian pasien dan keluarga dalam perawatan dan perawatan anggota keluarga yang mengalami gangguan kesehatan.. Kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan merupakan hal yang perlu untuk mendapatkan perhatian dari penyelenggara layanan kesehatan dalam menjalankan perannya, sementara masih ditemukan kendala dalam pelayanan homecare. Tujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan homecare. Metode penelitian Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan metode survey. Penelitian ini dilakukan di Wilayah kerja Puskesmas seberang padang dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden. Hasil penelitian penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan homecare di wilayah kerja Puskesmas Seberang Padang sebagian besar responden merasa puas yaitu sebanyak 83,3%. Kesimpulan Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator penting dari pelayanan keperawatan yang bermutu.